Wednesday, July 26, 2017

Paham Bahasa Inggris Lewat Bermain Game



Hallo sobat, ini adalah artikel esklusif yg pertama bagi saya, kenapa esklusif ??. Pada artikel kali ini saya akan mencoba membagikan suatu pengalaman pribadi saya sendiri, jadi saya jamin di blog laen gak ada yg sama, (yaelah, namanya juga pengalaman pribadi, ya jelas gk sama lah tong, hahahah).

Sesuai judul ya sob, "Paham Bahasa Inggris Lewat Bermain Game". Kita garis bawahi dulu kata "PAHAM", disini yg saya maksut bukan berarti "PINTAR". Di erah serba moderen saat ini siapa sih yg enggak pingin paham atau bahkan sampai pintar bahasa inggris ??, pasti sobat semua juga inginkan ??. Berbagai cara kita tempuh agar pandai berbahasa inggris mulai dari Les Private sampai Les Khusus Bhs Inggris, karena mengandalkan sekolah saja saya rasa belum cukup. Tapi menurut saya jika sobat memang tidak mampu les khusus, sebaiknya sobat harus memakai cara saya ini. Yupss benar sekali, dengan cara sobat sering memainkan beberapa game berbeda (tentunya harus game berbahasa inggris) sobat akan sedikit banyak dapat memahami bahasa inggris. Masak iya sih mas ??, emang iyalah, masak iya dong. Wkwkwkwkw. Terus apa buktinya mas ??. Buktinya ya SAYA, heheheheh.

Jadi gini sob, saya sebenarnya gamer addict, bahkan sejak era nintendo sampai Ps 3 pun saya punyak semua sob, jadi bisa dibilang gamer sejak kecil. Pernah waktu dulu saya kelas 3 sd mendapat pertanyaan dari guru saya saat jam mau menunjukan waktu pulang dan pada saat itu siapa yg bisa menjawab pertanyaan tersebut maka bisa pulang duluan. Beliau bertanya "Apa bahasa inggrisnya HUTAN", dan seketika itupun saya ingat game yg waktu itu sering saya mainkan yaitu Yu-gi-oh : Forbidden Memorries (Ps 1). Nah di game yg bertema duel kartu itu kan ada salah satu kartu magic yg bernama "FOREST" dan gambar dalam kartu itu adalah gambar "HUTAN". Tanpa berpikir panjang saya langsung mengacungkan jari dan menjawab "FOREST Pak", gak disangka ternyata bener sob, alhasil saya pulang duluan deh, hahahaha. Itu adalah sedikit pengalaman saya sendiri yg membuktikan kalau paham bahasa inggris gk harus les sob. Sebenarnya sih banyak lagi loh, tapi klo dituliskan semua ya bisa jadi skripsi nih, bukan lagi ngeblog, wkwkwkwkw.



Tidak semua yg dipandang negatif/merugikan itu tidak ada baiknya sob, ya seperti judul artikel saya ini. Banyak diluar sana orang tua yg tidak memperbolehkan anaknya bermain game hanya karena alasan bisa jadi "BODOH". Padahal game pun sebenarnya bisa jadi perantara buat paham bahkan bisa sampai pintar berbahasa inggris loh. Yah meskipun begitu sobat tetap jangan berlebihan bermain game yaaa. Segala sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik, hehehehe. Berkat hobi saya itu sekarang saya paham berbahasa inggris kurang lebih 70%, hehehehe. Saya rasa dengan agka 70% termasuk cukup baik jika sobat lihat saya hanya bermodal BERMAIN GAME. ya sejak SD sampai lulus SMK pun enggak pernah sama sekali Les bahasa inggris. Bahkan dari Sd nilai mata pelajaran bahasa inggris saya selalu melebihi nilai mata pelajaran lainnya sob, nilai bahasa indonesia pun juga kalah, (wkwkwkwk, padahal bahasa negara sendiri)

Saya tekankan lagi ya, artikel ini saya buat hanya bentuk OPINI semata. Karena semua kembali lagi pada sobat, kalau sobat niat bermain game hanya untuk bersenang2, ya tidak akan dapat manfaatnya. Jadi seharusnya bermain game sambil 
"BELAJAR" apa yang ada didalam game tersebut, seperti bahasa inggrisnya, dan bagaimana cara bersosialisasi secara baik dengan teman baru (khusus game online). Tapi jika sobat merasa punyak waktu dan modal lebih, akan sangat bagus sobat mengikuti les khusus untuk pintar berbahasa inggris.

Sekian artikel dari saya, jika sobat merasa bermanfaat silahkan dishare.

12 comments:

  1. Terimakasih infonya om. Betul itu salah satunya dengan game. Saya juga demikian. Lewat lagu juga bisa, lebih nikmat. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sakali sob ,, banyak metode mengasikan yg bisa kita pakai untuk pintar berbahasa inggri 😀

      Delete
  2. Mantap gan, klo saya lewat film, hehe..
    Thanks gan untuk ilmunya...

    ReplyDelete
  3. bener bangat gan, game dapat membuat kita pintar bahasa inggris. Game yang saya mainkan seperti harvest moon save the homeland yang mau tidak mau kita harus tahu bahasa inggris untuk menyelesaikan quest tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga salah satu game favorit saya, hehehehe

      Delete
  4. Game memang sarana belajar bahasa inggris yang sangat efektif

    ReplyDelete
  5. Setuju gan gak semuanya game itu merugikan ternyata ada positifnya juga yaitu bisa ngerti bahasa inggris sedikit2. Saya juga ngerti dikit bahas inggris gara2 main game call of duty

    ReplyDelete
  6. Bener gan,saya juga seperti itu paham bahasa inggris malahan dari game

    ReplyDelete
  7. Yup, memang benar, gwa dari kecil suka main game, eh gak tau kenapa .. klo ada pelajaran bhs.inggris itu bisa paham sendiri wkwk

    ReplyDelete
  8. hahaha, dari dulu saya suka ngegame sampai besar ini [ agak pensi :v ] Jadinya belajar bahasa inggris paham karena game bnyakan bahasa ingrris :v

    ReplyDelete

Mi AI Xiaomi, Smart Speaker Dengan Harga Terjangkau

Hallo sobat, Di era modern saat ini telah banyak memunculkan gadget gadget yg memiliki kecerdasan buatan (AI). Seperti perangkat ini. ...